Strategi Penulisan Konten Untuk Traffic Blog

Pengembangan Konten
"Konten Adalah Raja. Pembuatan konten harus seperti memperlakukan sang Raja, niscaya traffic dan pendapatan pun akan meningkat."
Sebagai seorang blogger, konten adalah Raja tanpa ada konten yang baik apalah artinya sebuah blog. Mari kita berfikir kembali tentang strategi penulisan konten yang mampu meningkatkan traffic blog dan pendapatan.

Mengapa Seseorang Mau Mengunjungi Blog?

Blog adalah representasi kepribadian pemilik blog. Berawal dari situlah seorang blogger harus memperhatikan kualitas konten, etika, manfaat dan nilai lebih yang diberikan kepada para pengunjung blog. Yang menjadi pertanyaan "mengapa seorang mau mengunjungi blog?".
Pertanyaan tersebut diatas, tidak perlu dijawab langsung oleh pengunjung cukup pemilik blog evaluasi dengan menggunakan analytics. Mari kita mulai mereka-reka alasan pengunjung meninggalkan blog : mungkin saja pengunjung tertarik kepada judul postingan yang bombastis lalu setelah mengetahui isi konten, ia pun pergi. Itulah yang disebut dengan Bounce Rate.
Menurut saya, satu orang pengunjung mahal harganya dibanding dengan seribu backling. Alasannya adalah backling bukanlah target yang diinginkan semua blogger. Seorang blogger menginginkan pengunjung blog adalah organik yang memang nyata sebagai manusia bukan bots.

Strategi Penulisan Konten

Setiap konten yang dipublish harus selalu memiliki strategi khusus agar tercapai target yang di inginkan. Strategi dalam penulisan konten harus dimulai dengan identifikasi pengunjung. Untuk itulah diperlukan alat(tool) yang akan memberikan identifikasi pengunjung dan saya lebih menyukai menggunakan Google Analytics.
Setidak-tidaknya ada 3 langkah awal yang perlu diperhatikan dari data Google Analytics yaitu visitor(pengunjung), bounce rate(rasio pentalan) dan durasi per sesi.
1. Visitor(pengunjung)
Jumlah pengunjung yang diberikan analytics memberikan informasi kepada blogger tentang kemudahan ditemukannya konten oleh pengunjung. Semakin tinggi visitor maka semakin mudah juga konten ditemukan. Jangan puas sampai disitu, karena para blogger pun harus memperhatikan asal visitor, kapan visitor mengunjungi blog dan postingan yang menyebabkan visitor datang. 
2. Bounce Rate
Bounce Rate(rasio pentalan) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas blog. Semakin tinggi rasio pentalan akan berbanding lurus dengan rendahnya kualitas blog. Disinilah letak awal koreksi kualitas konten dan segera lakukan perbaikan kualitas konten.
Kualitas konten yang baik terdiri dari jumlah kata yang memadai, gambar, video dan link ke artikel lainnya. Jumlah kata yang tidak memadai akan mendorong pengunjung segera meninggalkan blog yang menyebabkan reputasi penulis konten menurun. 
Sedangkan artikel yang tidak menyertakan link ke artikel lainnya pun akan mendorong pengunjung mencari artikel di blog lainnya.
3. Durasi Per Sesi
Lamanya waktu yang dihabiskan pengunjung adalah indikator awal bahwa desain blog dan konten memang benar-benar menarik perhatian pengunjung.
So, dengan memperhatikan laporan analytics seorang blogger sudah mulai menyusun strategi penulisan konten dengan tujuan untuk mendatangkan visitor baru dan visitor lama mau datang kembali. Berikut adalah strategi penulisan konten :
1. Konten harus mampu menjawab kebutuhan pengunjung. Setidak-tidaknya ada 3 kebutuhan utama visitor yaitu manfaat, orisinalitas dan nilai lebih. Disinilah peran penting pemilihan tema(topik) blog. Sebuah konten yang fokus pada topik blog akan memberikan dampak luar biasa bagi traffic. Konten harus tetap menjunjung tinggi etika yang berlaku di masyarakat sebagai respek dan responsibiliti blogger.
2. Konten artikel harus berisi latar belakang masalah, pembahasan dan penutupan. 
3. Perhatikan jumlah kata. Semakin banyak jumlah kata per postingan akan meningkatkan waktu baca visitor. Waktu baca visitor mampu meningkatkan pendapatan.
4. Konten harus menyisipkan gambar dan video guna meyakinkan kepada visitor bahwa blogger memiliki dedikasi tinggi terhadap visitor.
5. Sisipkan link untuk menarik perhatian visitor membaca artikel lainnya.

Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email