5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

"Menjadi blogger itu membosankan bagi mereka yang hanya berorientasi menghasilkan uang semata. Jadikanlah menulis konten positif itu sebagai hobi agar selalu menyenangkan dan bermanfaat bagi orang lain."
Untuk apa si membuat blog itu? ada banyak alasan seseorang ingin menjadi blogger. Mungkin sekedar ikut-ikutan temen semata, memang hobi menulis atau bahkan lebih jauh dari itu yaitu menghasilkan uang. Tidak ada yang salah, hanya saja saya ingin berbagi sebuah tips atau cara membuat blog agar tidak membosankan.


Rasa bosan itu sesekali bahkan seringkali datang melanda kepada para blogger. Kebanyakan bosan itu datang ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Harapan itulah yang dimaksud dengan motif/alasan menjadi blogger. Ketika alasan ngeblog itu karena ingin eksis didepan temen-temennya lalu temen-temennya tidak memberikan respon positif maka ia akan cepat jenuh dan bosan. Begitu juga ketika alasan ngeblog itu hanya bersifat individual dengan tujuan mendapatkan penghasilan dan tidak sesuai harapan maka jenuh dan bosan akan melanda.
Jika begitu, so apa alasan yang baik agar ngeblog itu tidak membosankan? Saya kira hobi menulis adalah alasan kuat dalam ngeblog. Ketika menulis konten blog menjadi hobi maka tidak akan ada jenuh dan bosan. Yang namanya hobi ya pasti akan selalu menyenangkan bukan?.
membuat blog
sumber : resource

Jika memang tidak hobi menulis, adakah alasan kuat yang mendorong seseorang untuk tetap fresh menjadi seorang blogger? tentu saja ada. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menjadi seorang blogger harap diperhatikan 5 hal yang perlu anda ketahui sebelum membuat blog, yaitu :
1. Membuat blog itu mudah hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit. Jika sekedar membuat tanpa memperhatikan pembaca dan kemudahan konten blog ditemukan dalam mesin pencarian, saya rasa hanya butuh 5 menit saja sudah selesai membuat blog. Anda tinggal mendaftar ke platform penyedia situs gratis lalu membuat judul, deskripsi dll. 
Apakah benar-benar kita puas terhadap blog yang dibuat secepat kilat? Tentu tidak, tidak ada kepuasan dalam ngeblog jika tidak mampu mendatangkan pembaca ke dalam blog. Disinilah letak awal kebosanan, jika blog hanya mampu mendatangkan 100 orang pembaca/hari tentu akan sangat membosankan membuat konten tersebut. Ujung-ujungnya akan berhenti ngeblog.
Berbeda halnya jika mampu mendatangkan ribuan, puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu orang per hari, siapapun juga akan senang dan tidak bosan membuat konten. 
"baca juga tentang menulis itu santai ga pake ribet"
2. Jika membuat blog itu karena hobi menulis maka akan tetap bertahan ngeblog apapun realitas yang terjadi. Hobi menulis adalah prinsip penting guna mengembangkan blog menjadi sukses. Sukses dibaca banyak pembaca ya sukses juga menghasilkan uang tambahan.
3. Topik blog itu penting. Pemilihan topik blog itu penting guna meyakinkan diri kita akan tetap eksis sebagai seorang blogger. Ada baiknya pilih topik yang sesuai dengan minat dan hobi. Dengan begitu, seorang blogger akan tetap mempertahankan kualitas konten yang dibuat. Jangan buang waktu dan fikiran jika akhirnya berhenti dengan alasan yang tidak rasional. 
4. Jika memang alasan membuat blog itu untuk dapat menghasilkan uang maka pilihlah topik yang sesuai keahlian anda. Jika anda mengikuti pendidikan mesin maka pilihlah topik tentang otomotif. Hal tersebut berdasarkan pada keahlian anda sehingga konten yang dibuat benar-benar cerminan kemampuan diri anda.
Akan beresiko buruk jika memilih topik yang tidak sesuai minat, bakat dan keahlian anda. Konten yang dibuat akan buruk dan asal-asalan. Jika itu terjadi maka traffic pembaca rendah.
5. Pilihlah platform blog yang mudah dan sesuai selera. Setidak-tidaknya da 3 penyedia platform blog yang populer yaitu blogspot(hosted), wordpress.com(hosted) dan wordpress.org(self-hosted). 
Secara mudahnya, platform hosted adalah platform gratisan. Siapapun juga bisa memiliki blog secara gratis tanpa di pungut biaya sama sekali.
Platform self-hosted adalah platform berbayar.
Jika anda benar-benar telah mengetahui setidak-tidaknya 5 hal sebelum menjadi seorang blogger, kini pilihan ditangan anda : lanjut membuat blog atau coba-coba dulu. Perlu di ingat prinsip utama seorang blogger adalah konten orisinil dan bermanfat kebaikan bagi orang lain.



Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email