Kemunculan Sosok Ratu Adil Ada Sejak Indonesia Merdeka, Siapakah?

Jayabaya
Jayabaya : Raja Kerajaan Kediri
Saya merasa yakin banyak yang sudah tahu tentang ramalan Jayabaya akan kemunculan sosok Ratu Adil. Banyak yang percaya namun tidak sedikit pula yang meragukan kemunculan sosok Ratu Adil. Saya sedang tidak berada dalam percaya atau tidak tentang ramalan Jayabaya tersebut namun saya sedang mencoba membangun imaginasi saya tentang Ratu Adil itu sendiri.
Pada umumnya, orang mempercayai bahwa Ratu Adil adalah sosok ksatria yang yatim piatu, sudah lulus weda Jawa, hanya berpedoman trisula(dikutip dari tribunsolo). Lalu, kehadiran Ratu Adil itu di harapkan akan memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat yang teraniaya. Kapan Ratu Adil akan muncul?. Saya berada dalam pandangan bahwa Ratu Adil itu telah datang sejak Indonesia Merdeka. Siapakah?.

Ratu adil dipercaya mampu mensejahterakan dan memberikan perlakuan adil bagi rakyatnya. Sepertinya sosok Ratu Adil adalah sosok misterius yang memang tidak diketahui pasti keberadaannya. Izinkan saya memberikan sebuah pandangan berbeda tentang kemunculan Ratu Adil.
Jika segala sesuatu yang ada di alam semesta ini di ciptakan berpasang-pasangan maka semestinya ada pria ada wanita, ada siang ada malam, ada ratu ada raja. Jika ada Ratu adil adakah Raja Adil itu?
Ratu Adil dalam imaginasi saya adalah Pancasila dan Raja Adil itu adalah Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila adalah ideologi negara. Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.
Jika Ratu adil ini adalah Pancasila maka kehadiran sosok pemimpin yang memiliki jiwa Pancasilais akan menjadi pemimpin yang berlaku adil. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia bukan adil bagi golongannya semata. Oleh karena itu keadilan yang diberikan pada rakyatnya adalah keadilan yang dikendalikan oleh sang Raja Adil yaitu Bhinneka Tunggal Ika.
Seorang pemimpin yang mengerti Bhinneka Tunggal Ika akan mengerti perbedaan dan senantiasa akan mengayomi seluruh rakyatnya. Perbedaan adalah pemersatu bangsa ini. Pelangi itu indah karena berbeda warna. 
Pemimpin tidak bisa memaksakan suaranya harus sama kepada rakyatnya. Biarkan saja suara rakyat berbeda dengan suara pemimpinnya yang terpenting perbedaan itu di bangun untuk dasar kesamaan tujuan yaitu membangun Indonesia Raya.
Jika saja pemimpin itu bukanlah seorang yang memiliki jiwa Pancasila maka rakyat akan menderita karena pemimpinnya tidak dikendalikan oleh Bhinneka Tunggal Ika.
NB: tulisan ini adalah bagian dari ngaji diri saya tentang pentingnya setiap warga negara Indonesia untuk mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email