Mampukah Saya Mandiri Di Masa Lansia

Saya tertarik menulis tentang lansia di latar belakangi oleh realitas dalam kehidupan sehari-hari. Saya begitu banyak melihat sebuah fakta bahwa masa lansia itu sepertinya sebuah "belenggu" yang membuat seseorang tidak mandiri. Saya sedang tidak menghakimi kondisi lansia yag terkungkung keadaan namun saya ingin berkaca pada diri sendiri untuk membuat sebuah rencana dan cara agar mampu mandiri secara finansial dan sehat secara mental maupun jasmani.
Masa lanjut usia sepertinya bukan lagi masa produktif untuk kerja atau usaha apalagi menghasilkan uang. Mengurus cucu seperti menjadi model trendy kekinian. Hampir di kota-kota besar, masa lansia digunakan untuk mengurus cucu. Tidak banyak pilihan alternatif yang bisa di lakukan selain ngurus rumah dan cucu. Mungkinkah masa lansia itu bisa mandiri dan produktif dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah?.
" baca juga tentang cara meraih uang dari youtube "
Untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah/uang itu tidak pernah mengenal batasan usia. Mau usia kanak-kanak ke mau usia lansia ke yang penting sesuai dengan kondisi umur saja. Anak-anak yang fokus mencari uang bisa dinamakan eksploitasi anak dan ga boleh itu.
Saya kira banyak di antara kita yang tahu bagaimana masa kanak-kanak orang sukses yang di gunakan untuk membantu orang tua dalam menghasilkan uang. Bagaimana seorang Warren Buffets yag sukses di usia 14 tahun dan banyak lagi kisah yang bisa menjadi inspirasi hidup kita.
Bagaimana dengan masa lansia mampukah mandiri secara finansial dan sehat secara mental dan jasmani?.

Mandiri Secara Finansial Itu??

Yang saya maksud dengan mandiri secara finansial adalah "kemampuan" meraih penghasilan secara produktif yang mampu menafkahi diri sendiri dan keluarga. Mungkin tidak sebesar ketika masa produktif kerja namun setidak-tidaknya mampu membiayai kebutuhan pokok sehari-hari.
Saya tidak sedang menghakimi keadaan yang tidak mandiri secara finansial namun hasrat saya tentang bagaimana saya melihat dan merencanakan masa lansia nanti.
Ada banyak hal yang mungkin bisa saya lakukan jika nanti memasuki masa lansia. Dengan sadar bahwa masa lansia itu sudah banyak penurunan kemampuan otot. Wajar, karena memang kesehatan itu akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Model Investasi Di Masa Lansia

Model investasi di masa lansia berbeda dengan investasi di masa produktif. Investasi lansia lebih dititik beratkan pada model investasi pada sektor perkebunan dan perikanan. Berkebun dan memelihara ikan adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan dan produktif dalam menghasilkan uang.
Tidak perlu lahan yang luas sekedar cukup untuk menanam berbagai pohon buah-buahan maupun sayur mayur. Di bagian kebun itu disediakan lahan untuk empang untuk memelihara ikan. Tidak perlu banyak ikan secukupnya saja.

Sehat Mental dan Jasmani

Sehat mental adalah sebuah keadaan jiwa yang meneima kenyataan bahwa masa lansia bukan lagi masa produktif. Banyak hal yang membatasi produktivitas.
Sehat jasmani merupakan kondisi kesehatan badan kita sendiri. Kesehatan di masa lansia banyak di pengaruhi pola dan gaya hidup kita selagi masa uda. Masa muda gunakan dengan hal yang bermanfaat dan jaga pola hidup sehat. Mandiri di masa lansia itu penting agar kita mandiri tidak merepotkan sanak saudara dan lingkungan sekitarnya.


Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus