Skip to main content

Tema 1 Analytics Dalam Pengembangan Channel

Pengembangan channel memiliki tujuan untuk membuat sebuah channel menjadi populer. Ketika channel sudah populer berarti pemirsa youtube mudah menemukan video dan meningkatkan penghasilan seorang youtubers. Untuk bisa seperti itu, seorang kreator youtube(youtubers) bisa memulai dengan cara analisa analytics dan manfaat dalam pengembangan channel. Berikut panduan youtubers yang di mulai dari materi 1 ringkasan analytics dalam tema cara analisa dan manfaat dalam pengembangan channel.
Pada materi sebelumnya, sudah diperkenalkan tentang analytics dan garis besar isi dari analytics. Untuk mempermudah mempelajari analytics secara kesinambungan, saya beri tema saja, yaitu tema 1 analytics dalam pengembangan channel. Gambaran umum pembahasan tema 1 adalah pengenalan analytics dan pembahasan isi analytics. Pembahasan isi analytics dimulai dengan materi 1 yang akan dibahas adalah ringkasan analytics.

Materi 1: Ringkasan Analytics

Materi 1: ringkasan analytics dan manfaat. Seperti yang sudah diperkenalkan dalam materi sebelumnya, dalam laporan analytics memuat ringkasan analytics. Ringkasan analytics adalah gambaran umum apa yang terjadi pada sebuah channel dengan rentang waktu yang ditentukan oleh pemilik channel. Menurut saya, rentang waktu yang ditentukan pemilik channel berkisar 28 hari sekali. Alasannya, dalam kurun waktu 28 hari sudah banyak aktivitas yang terjadi dalam channel sehingga data yang didapat sudah statis: tidak banyak perubahan. 
Berikut adalah isi dari ringkasan analytics(rentang waktu 28 hari), yaitu :
1. Penayangan real time dalam waktu 48 jam. Dalam data penayangan menunjukkan berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh pemirsa. Data ini penting sebagai bahan perbandingan dengan penayangan real time video yang terakhir dipublikasikan.
2. Penayangan real time dalam waktu 48 jam: video terakhir yang dipublikasikan. Data ini memperlihatkan jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan. Cara membacanya adalah jumlah penayangan real time(poin 1) - jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan= jumlah penayangan diluar 3 video terakhir dipublikasikan. Dengan demikian, kita akan mengetahui persentasi jumlah penayangan 3 video terakhir dipublikasikan. 
3. Waktu menonton(menit). Data ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton keseluruhan video dalam channel. 
4. Penayangan. Jumlah penayangan dalam waktu 28 hari. Berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh viewer.
5. Durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari. Data ini menunjukkan perbandingan durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari terakhir dengan 28 hari sebelumnya.
6. Estimasi pendapatan rata-rata. Data ini menunjukkan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang subscriber.
7. Subscribers. Data ini menunjukkan peningkatan atau penurunan jumlah subscribers.
8. Persen disukai(vs tidak disukai). Data ini menunjukkan keterlibatan viewer dalam memberikan like pada video.
9. Video teratas. Data ini menunjukkan 5 video dalam daftar video teratas untuk kurun waktu 28 hari terakhir. 

Manfaat Membaca Data Ringkasan Analytics.

Setelah membaca data pada ringkasan analytics akan didapatkan manfaat dalam bentuk petunjuk pengembangan channel. Manfaat membaca data ringkasan analytics adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui jumlah penayangan video secara cepat dalam waktu 48 jam terakhir.
2. Mampu menganalisa seberapa besar kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan. Jika persentasi kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan cukup tinggi maka kita bisa membuat video dengan mengambil konten yang berkaitan dengan 3 video tersebut. Hal tersebut penting untuk memperkuat citra dimata viewer/subscriber untuk kembali lagi pada channel.
3. Dengan mengetahui jumlah waktu menonton dari viewer, kita bisa membuat konten yang memiliki durasi waktu yang akan dihabiskan viewer untuk menonton. Misal durasi waktu yang ditonton dalam rentang waktu 28 hari terakhir adalah 1 menit maka konten berikutnya harus dibuat dengan konten waktu sekitar 1 menit. Mengapa demikian? Karena jumlah durasi konten yang dibuat dengan waktu konten yang ditonton memiliki arti penting dalam SEO youtube. Jika durasi konten dengan durasi waktu seimbang akan memperkuat citra channel dimata SEO youtube. Tujuannya adalah video yang dimuat akan mudah ditemukan viewer dan pendapatan dari pengiklan akan mengalir deras. Beda halnya dengan durasi konten yang dimuat adalah 10 menit sedangkan waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton adalah 1 menit, apa yang akan terjadi pada channel kita?, tentu video yang dimuat akan sulit ditemukan viewer dan berujung pada minimnya penghasilan.
4. Mengetahui peningkatan jumlah subscriber dan penurunan jumlah subscriber. Apakah jumlah subscriber meningkat atau menurun?. Jika meningkat maka pertahankan konten yang dibuat karena viewer sudah percaya pada konsistensi dan kualitas konten yang dimuat channel. Jika penurunan, ada baiknya periksa jumlah 5 video teratas yang paling banyak ditonton. Dengan begitu, konten yang dimuat selanjutnya adalah konten yang berhubungan dengan 5 video teratas.
5. Dengan mengetahui jumlah video teratas yang paling banyak ditonton maka cari video yang sudah dimuat namun viewernya masih rendah lalu gunakan layar akhir untuk menempatkannya di video teratas. Hasilnya akan tercapai keseimbangan viewer di berbagai video. Ingat: penempatan video pada layar akhir harus sesuai dengan tema video yang akan ditempatkan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kepercayaan dari viewer bahwa memang channel kita konsisten memuat video dengan tema tersebut.

Comments

Yang Populer

5 Tahun Ke Depan, Inilah Perkiraan Bandan Energi Internasional Terhadap Minyak Dan Gas

Pertumbuhan ekonomi global, di satu sisi mendorong pertumbuhan industri otomotif namun di sisi lain harus ada efisiensi bahan bakar dan pengurangan konsumsi minyak di negara-negara maju. Pertembuhan ekonomi global tersebut mendorong pada pergeseran permintaan minyak dan gas. Di kutip dari media internasional Reuters, Badan Energi Internasional / IEA(International Energy Agency) mengatakan "Permintaan minyak dan gas global yang kuat akan berubah dalam lima tahun ke depan terhadap petrokimia daan jauh dari bahan bakar motor bensin dan solar." Ada beberapa poin yang dapat saya ambil dari pandangan Badan Energi Internasional terhadap permintaan minyak dan gas, yaitu : Permintaan produk mulai dari pupuk hingga produk plastik dan kecantikan akan mendorong seperempat dari perkiraan perminntaan minyak ke tahun 2023.Pergeseran ini adalah tantangan baru bagi industri minyak. Di satu sisi permintaan petrokimia meningkat sedangkan di satu sisi konsumsi bensin dan solar di naikkan kembal…

Fakta Unik Tahu Tempe

Tahu tempe merupakan bahan makanan yang sering dan mudah dijumpai diberbagai daerah. Tahu tempe sebagai bahan olahan makanan sederhana tapi kaya akan kandungan gizi terutama asupan gizi protein. Banyak masyarakat yang tidak menyadari nilai nilai gizi yang terkandung didalam tahu tempe. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui fakta unik tahu tempe.  Masyarakat pada umumnya memandang protein hewani yang berasal dari daging sapi, ayam atau daging hewani adalah gaya hidup sehat yang mencukupi kebutuhan protein hewani bagi tubuh. Gaya hidup sehat yang mementingkan ketercukupan kebutuhan protein hewani bukanlah termasuk pola hidup sehat yang sebenarnya. Pola hidup sehat lebih mementingkan pada pemenuhan kebutuhan gizi seimbang. Ketika harga daging naik terjadi kebingungan pada masyarakat umumnya akan asupan gizi protein hewani yang memiliki kandungan dan manfaat gizi protein hewani. Akan tetapi pemenuhan gizi protein bisa disiasati dengan alternatif pengganti protein hewani yang berasal dari…

Strategi Penulisan Konten Untuk Traffic Blog

"Konten Adalah Raja. Pembuatan konten harus seperti memperlakukan sang Raja, niscaya traffic dan pendapatan pun akan meningkat." Sebagai seorang blogger, konten adalah Raja tanpa ada konten yang baik apalah artinya sebuah blog. Mari kita berfikir kembali tentang strategi penulisan konten yang mampu meningkatkan traffic blog dan pendapatan.
Mengapa Seseorang Mau Mengunjungi Blog? Blog adalah representasi kepribadian pemilik blog. Berawal dari situlah seorang blogger harus memperhatikan kualitas konten, etika, manfaat dan nilai lebih yang diberikan kepada para pengunjung blog. Yang menjadi pertanyaan "mengapa seorang mau mengunjungi blog?". Pertanyaan tersebut diatas, tidak perlu dijawab langsung oleh pengunjung cukup pemilik blog evaluasi dengan menggunakan analytics. Mari kita mulai mereka-reka alasan pengunjung meninggalkan blog : mungkin saja pengunjung tertarik kepada judul postingan yang bombastis lalu setelah mengetahui isi konten, ia pun pergi. Itulah yang dis…

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

Kandungan Gizi Gado Gado

Kandungan Gizi Makanan Kandungan gizi makanan di perlukan untuk mengetahui manfaat gizi yang kita konsumsi. Makanan sehat adalah makanan