Skip to main content

Tema 1 Analytics Dalam Pengembangan Channel

Pengembangan channel memiliki tujuan untuk membuat sebuah channel menjadi populer. Ketika channel sudah populer berarti pemirsa youtube mudah menemukan video dan meningkatkan penghasilan seorang youtubers. Untuk bisa seperti itu, seorang kreator youtube(youtubers) bisa memulai dengan cara analisa analytics dan manfaat dalam pengembangan channel. Berikut panduan youtubers yang di mulai dari materi 1 ringkasan analytics dalam tema cara analisa dan manfaat dalam pengembangan channel.
Pada materi sebelumnya, sudah diperkenalkan tentang analytics dan garis besar isi dari analytics. Untuk mempermudah mempelajari analytics secara kesinambungan, saya beri tema saja, yaitu tema 1 analytics dalam pengembangan channel. Gambaran umum pembahasan tema 1 adalah pengenalan analytics dan pembahasan isi analytics. Pembahasan isi analytics dimulai dengan materi 1 yang akan dibahas adalah ringkasan analytics.

Materi 1: Ringkasan Analytics

Materi 1: ringkasan analytics dan manfaat. Seperti yang sudah diperkenalkan dalam materi sebelumnya, dalam laporan analytics memuat ringkasan analytics. Ringkasan analytics adalah gambaran umum apa yang terjadi pada sebuah channel dengan rentang waktu yang ditentukan oleh pemilik channel. Menurut saya, rentang waktu yang ditentukan pemilik channel berkisar 28 hari sekali. Alasannya, dalam kurun waktu 28 hari sudah banyak aktivitas yang terjadi dalam channel sehingga data yang didapat sudah statis: tidak banyak perubahan. 
Berikut adalah isi dari ringkasan analytics(rentang waktu 28 hari), yaitu :
1. Penayangan real time dalam waktu 48 jam. Dalam data penayangan menunjukkan berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh pemirsa. Data ini penting sebagai bahan perbandingan dengan penayangan real time video yang terakhir dipublikasikan.
2. Penayangan real time dalam waktu 48 jam: video terakhir yang dipublikasikan. Data ini memperlihatkan jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan. Cara membacanya adalah jumlah penayangan real time(poin 1) - jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan= jumlah penayangan diluar 3 video terakhir dipublikasikan. Dengan demikian, kita akan mengetahui persentasi jumlah penayangan 3 video terakhir dipublikasikan. 
3. Waktu menonton(menit). Data ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton keseluruhan video dalam channel. 
4. Penayangan. Jumlah penayangan dalam waktu 28 hari. Berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh viewer.
5. Durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari. Data ini menunjukkan perbandingan durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari terakhir dengan 28 hari sebelumnya.
6. Estimasi pendapatan rata-rata. Data ini menunjukkan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang subscriber.
7. Subscribers. Data ini menunjukkan peningkatan atau penurunan jumlah subscribers.
8. Persen disukai(vs tidak disukai). Data ini menunjukkan keterlibatan viewer dalam memberikan like pada video.
9. Video teratas. Data ini menunjukkan 5 video dalam daftar video teratas untuk kurun waktu 28 hari terakhir. 

Manfaat Membaca Data Ringkasan Analytics.

Setelah membaca data pada ringkasan analytics akan didapatkan manfaat dalam bentuk petunjuk pengembangan channel. Manfaat membaca data ringkasan analytics adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui jumlah penayangan video secara cepat dalam waktu 48 jam terakhir.
2. Mampu menganalisa seberapa besar kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan. Jika persentasi kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan cukup tinggi maka kita bisa membuat video dengan mengambil konten yang berkaitan dengan 3 video tersebut. Hal tersebut penting untuk memperkuat citra dimata viewer/subscriber untuk kembali lagi pada channel.
3. Dengan mengetahui jumlah waktu menonton dari viewer, kita bisa membuat konten yang memiliki durasi waktu yang akan dihabiskan viewer untuk menonton. Misal durasi waktu yang ditonton dalam rentang waktu 28 hari terakhir adalah 1 menit maka konten berikutnya harus dibuat dengan konten waktu sekitar 1 menit. Mengapa demikian? Karena jumlah durasi konten yang dibuat dengan waktu konten yang ditonton memiliki arti penting dalam SEO youtube. Jika durasi konten dengan durasi waktu seimbang akan memperkuat citra channel dimata SEO youtube. Tujuannya adalah video yang dimuat akan mudah ditemukan viewer dan pendapatan dari pengiklan akan mengalir deras. Beda halnya dengan durasi konten yang dimuat adalah 10 menit sedangkan waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton adalah 1 menit, apa yang akan terjadi pada channel kita?, tentu video yang dimuat akan sulit ditemukan viewer dan berujung pada minimnya penghasilan.
4. Mengetahui peningkatan jumlah subscriber dan penurunan jumlah subscriber. Apakah jumlah subscriber meningkat atau menurun?. Jika meningkat maka pertahankan konten yang dibuat karena viewer sudah percaya pada konsistensi dan kualitas konten yang dimuat channel. Jika penurunan, ada baiknya periksa jumlah 5 video teratas yang paling banyak ditonton. Dengan begitu, konten yang dimuat selanjutnya adalah konten yang berhubungan dengan 5 video teratas.
5. Dengan mengetahui jumlah video teratas yang paling banyak ditonton maka cari video yang sudah dimuat namun viewernya masih rendah lalu gunakan layar akhir untuk menempatkannya di video teratas. Hasilnya akan tercapai keseimbangan viewer di berbagai video. Ingat: penempatan video pada layar akhir harus sesuai dengan tema video yang akan ditempatkan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kepercayaan dari viewer bahwa memang channel kita konsisten memuat video dengan tema tersebut.

Comments

Lagi Trends

Aspudin 123: Panduan Blogger Tentang SEO, Traffic, Audiens Dan Adsense

Seorang Blogger mulai dari pemula maupun expert tidak akan lepas dari pembahasan tentang SEO, Traffic, Audiens dan Adsense. Pembicaraan tentang SEO seperti tidak akan pernah habis untuk selalu di ulas, mengapa?. Saya berkesimpulan karena SEO  akan mengantarkan sebuah traffic audiens kepada blog yang berujung pada tingkat konversi seperti penjualan atau penghasilan adsense.
Sebagai perkenalan, saya adalah aspudin, seorang blogger yang memiliki perhatian khusus pada Analytics, Adwords dan internet marketing. Ketiga perhatian khusus tersebut memiliki keterkaitan dengan pengoptimalan teknik SEO, peningkatan traffic audiens dan penghasilan blogger yang bersumber dari Google Adsense. Meskipun saya bukanlah seorang experts di bidang blog apalagi sebagai konsultan akan tetapi saya akan berusaha menyajikan pengetahuan sebaik mungkin tentang blogging yang di dapat secara otodidak. Ada perbedaan yang nyata antara skills yang di miliki karena otodidak dengan yang belajar pada ahlinya. Otodidak l…

7 Alasan Mengapa Blog Kita Tidak Berhasil Mendatangkan Traffic Dari Mesin Pencarian Google

Mungkin kita merasa berhasil mendatangkan traffic pengunjung meskipun hanya berasal dari medsos. Tidak ada yang salah, hanya saja pernahkah kita memikirkan perilaku pengunjung itu sendiri?. Menurut analisa saya ada perbedaan nyata pada pada perilaku pengunjung yang berasal dari medsos dengan yang datang dari mesin pencarian terutama Google. Pengunjung yang datang dari mesin pencarian adalah indikator awal bahwa blog kita memang menjawab kebutuhan audiens. Sedangkan pengunjung yang datang dari medsos seperti hasil dari bujuk rayu blogger. So, apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu untuk mendatangkan traffic?. Untuk menjawab pertanyaan di atas kita harus jujur pada diri kita sendiri bahwa kita senang bila pengunjung betah membaca sekian banyak artikel dari blog kita?. Jika iya kita senang dengan pengunjung yang betah di blog maka jawaban atas pertanyaan di atas adalah optimasi blog di mata mesin pencarian terlebih dahulu, mengapa?. Blog yang bagus di mata mesin pencarian mencermin…

Atasi Kegagalan Meningkatkan Traffic Blog

Pemilik blog atau seorang blogger, traffic blog merupakan elemen penting yang harus berhasil di menangkan dalam kancah dunia maya. Evaluasi atas strategi yang sudah diterapkan pada blog harus di lakukan agar selalu mampu meningkatkan traffic blog. Perlu di ingat bahwa kompetitor blog selalu hadir dengan cara dan strategi baru untuk meningkatkan traffic blog. Apa yang bisa kita lakukan dengan traffic blog yang tinggi?. Jawabannya ada pada diri blogger masing-masing. Hanya saja, suka atau tidak suka pada awal pembuatan blog itu pasti menginginkan adanya pembaca/pengunjung untuk mengapresiasi konten blog. Jika dikemudian hari, para blogger menginginkan pendapatan atau penjualan produk itu hal lain. Perubahan orientasi blogger pun tidak berbeda jauh dengan strategi mendatangkan pengunjung blog. Mungkin di masa-masa belum berkembangnya medsos, cara umum mendatangkan pengunjung adalah dengan optimasi SEO yang mengarah pada memenangkan persaingan keywords di mesin penelusuran google. Sebetu…

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Namun, fakta berbicara lain, setiap orang-orang sukses akan mengalami fase kegagalan. Bagaimana kegagalan dalam perspektif seorang blogger : kegagalan dalam meningkatkan pengunjung.  Dalam konten berikut ini akan mengurai pendapat saya tentang kegagalan dam mencari cara meningkatkan penghasilan dengan menaikkan pengunjung situs/blog dan memandang pendapatan seorang blogger.
Situs/blog dan pengunjung memiliki hubungan simbiosis mutualis yaitu hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Pengunjung situs/blog akan mencari dan setia pada situs yang menjawab kebutuhannnya. Seorang blogger akan selalu mengembangkan konten untuk memastikan pengunjung tetap setia mengikutinya. Sedangkan pendapatan yang diraih seorang bloggeer merupakan buah kerja cerdas dalam membangun kepercayaan pengunjung. Rethinking Earning
Yupz, pada awalnya, saya sering terjebak pada mencari cara untuk meningkatkan pendapatan situs. …

Penyakit Kulit Ini Pernah Menyandera Peraih Piala Grammy

Sehat itu mahal!! jika sudah sakit baru akan terasa apa itu sehat. Sakit itu bisa datang kapan saja namun untuk mencegah terkena sakit, kita harus menjalani pola hidup sehat dan disiplin dalam menjaga pola makan. Maklum saja, banyak penyakit disebabkan oleh faktor pola makan maupun pola hidup yang salah. Seperti pada contoh kasus ini, cara mengatasi penyakit kulit psoriasis dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sederhana yakni menjaga kebugaran tubuh dan istirahat yang cukup. Namun penerapannya yang sulit. Maklum saja, untuk bugar di perlukan olahraga yang rutin meskipun tidak berat. Sedangkan istirahat yang cukup itu terkait gaya hidup malam maupun kesibukan kerja yang membuat susah istirahat.  Now, kita kembali ke contoh kasus penyakit kulit yang di akibatkan tidak memperhatikan pola hidup yaitu psoriasi. Penyakit kulit psoriasis ini mungkin masih awam bagi sebagian besar dari kita. Yang paling menyulitkan dari penyakit psoriasis ini adalah deteksi sejak dini. Penyakit pori…