Materi 4: Penonton

Tema 1 Analytics dalam pengembangan channel

Penonton atau sering juga disebut viewer adalah aset berharga bagi pembuat konten. Pemilik channel dituntun harus sesuai dengan harapan viewer untuk mendapatkan konten yang berkualitas. Penonton akan dengan mudah subscribe channel jika diperkirakan akan memenuhi kebutuhannya. Berikut ini akan membahas materi penonton yang bersumber dari laporan analytics sebagai cara meningkatkan jumlah penayangan maupun subscriber.
Jumlah pencarian dari youtube merupakan pencarian terbesar kedua setelah google search. Dengan demikian, creator youtube atau youtubers harus bersaing ketat dalam menarik penonton untuk menayangkan kontennya dan menjadi subscribers. Yang menjadi pertanyaan adalah adakah cara pintas untuk meningkatkan viewer dan subscribers? Jawabannya ada namun tidak dibenarkan youtube. Dengan kata lain, cepat atau lambat channel akan dibanned. 
Sudah jelas, tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan namun banyak cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan viewer maupun subscribers. Cara - cara yang saya fahami adalah dengan mengelola channel menggunakan analytics sebagai pengembangan channel dan fitur-fitur yang disediakan youtube.

Laporan Analytics Tentang Penonton

Bagaimana dengan analytics?. Analitics memberikan laporan perkembangan channel. Pada materi ini akan ditunjukkan laporan analytics yang berkaitan dengan penonton. Berikuy adalah laporan analytics tentang penonton, yaitu:
1. Jenis kelamin. Analytics melaporkan berapa persentase penonton dengan jenis kelamin pria dan wanita.
2. Usia penonton. Analytics melaporkan berapa persentase usia penonton.
3. Negara teratas. Analytics melaporkan berapa persentase berapa banyak penonton yang berasal dari negara teratas dalam penayangan.

Manfaat Laporan Analytics Tentang Penonton

Dengan membaca laporan analytics tentang penonton, seorang youtubers akan mampu memetakan pengembangan channel. Berikut adalah manfaat laporan analytics tentang penonton, yaitu:
1. Youtubers bisa mengetahui sumber negara yang memberikan kontribusi besar dalam penayangan.
2. Youtubers bisa fokus pada pembuatan konten yang disesuaikan dengan laporan.
3. Youtubers mudah dalam perencanaan pembuatan konten.
4. Youtubers mudah dalam promosi konten.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus