Materi 3: Penemuan Konten

Tema 1 Analytics dalam pengembangan channel

Sebagai pembuat konten ada baiknya membuat channel youtube dengan profesional. Meskipun tergolong channel yang belum populer akan tetapi dari sisi pembuatan konten harus penuh dengan target yang akan menyasar pada viewer, subscribers dan pendapatan. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan cara analisa laporan analytics tentang penemuan konten dan manfaat dalam pengembangan channel youtube.
Pembuat konten atau creator youtube seringkali disebut sebagai youtubers yang akan selalu memproduksi konten video yang bermanfaat bagi umum. Oleh karena itu, seorang youtubers harus memberikan kemudahan bagi pemirsa untuk menemukan video yang ingin ditonton. Tidak mudah tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan antara lain dengan analisa laporan analytics.

Daftar Isi Penemuan Konten 

Laporan analytics akan memberikan gambaran penemuan terhadap sebuah konten. Penemuan konten memberikan penjelasan kepada youtubers bagaimana cara video mereka ditemukan.
Berikut daftar isi penemuan konten dalam laporan analytics, yaitu:
1. Jenis asal traffic. Jenis asal traffic ini menggambarkan bagaimana konten sebuah channel bisa ditemukan untuk ditonton. Ada beberapa jenis asal traffic yang dilaporkan, yaitu:
  • Penelusuran youtube. 
  • Eksternal
  • Rekomendasi video
  • Fitur youtube lainnya
  • Lainnya
2. Sumber eksternal teratas. Sumber ini menggambarkan darimana asal viewer menonton video seperti dari google search, creator studio dsb.
3. Istilah sumber penelusuran teratas. Istilah disini lebih diarahkan pada tag video. Tag video mana saja yang efektif ditemukan viewer.
4. Berbagi video teratas yang menyarankan konten anda. Laporan ini memberikan gambaran video yang memberikan rekomendasi untuk ditonton viewer.
5. Playlist teratas yang yang memutar konten anda. Laporan ini memberikan gambaran pada pembuat channel tentang playlist yang ditonton viewer.

Manfaat Analisa Laporan Analytics 

Ada banyak manfaat yang didapat jika seorang creator youtube membiasakan diri untuk menganalisa laporan analytics dalam pengembangan channel. Berikuy manfaat analisa laporan analytics, yaitu:
1. Mampu merencanakan konten yang akan dibuat selanjutnya secara tepat sasaran.
2. Mendapat kemudahan dalam menentukan tema konten.
3. Membuat judul yang terkait dengan istilah teratas dari sumber penelusuran.
4. Menempatkan video yang baru dibuat di konten yang memberikan rekomendasi video untuk ditonton.
5. Akan dengan mudah mendapatkan viewer bagi video yang baru dimuat.

Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email