Materi 2: Pendapatan

Tema 1: Analytics dalam pengembangan channel
Materi berikut ini masih tentang analytics dalam pengembangan channel. Materi ke-2 ini akan membicarakan tentang pendapatan youtube sesuai dalam laporan analytics. Pendapatan merupakan akumulasi berapa jumlah klik iklan. Dengan cara analisa laporan analytics tentang pendapatan, kita bisa memperbaiki cara-cara dan manfaat yang dapat meningkatkan pendapatan youtube.
Pendapatan bagi youtubers merupakan motivasi tersendiri baik sebagai pendapatan utama maupun sebagai pendapatan sampingan. Hanya saja, pendapatan dari adsense youtube itu bersifat tidak pasti karena dipengaruhi oleh klik iklan. Sebetulnya, jika channel yang kita buat bersifat profesional maka pendapatan itu bisa menjadi konsisten. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mencari sponsor yang akan membiayai konten video. Untuk bisa seperti itu, channel youtube harus memiliki subscriber dan viewer yang banyak. Namun, untuk kali ini, saya akan mencoba analisa pendapatan dari klik iklan saja.

Tujuan Analisa Pendapatan Hasil Laporan Analytics

Hasil laporan analytics tentang pendapatan dapat menjadi bahan materi untuk dianalisa. Tujuan analisa adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pendapatan youtube
  2. Mencari formula iklan yang baik bagi channel
  3. Sebagai bahan perencanaan pembuatan konten berikutnya
  4. Memetakan konten yang akan dibuat

Isi Laporan Analytics Pendapatan 

Isi dari laporan analytics yang berkaitan dengan pendapatan adalah sebagai berikut:
1. Estimasi pendapatan. Estimasi merupakan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang youtubers. Rentan waktu laporan bisa harian sampai dengan setting waktu yang diinginkab. Sebagai bahan analisa, saya sarankan laporan dalam kurun waktu 28 hari saja. Alasannya dalam waktu 28 hari sudah banyak hal yang terjadi dalam channel, bisa viewer, subscribers atau pendapatan itu sendiri.
2. Perkiraan pemutaran yang dimonetisasi. Perkiraan ini merupakan jumlah penayangan iklan dari sebuah konten. Dari 1000 viewer belum tentu juga akan 1000 iklan yang ditayangkan apalagi klik iklan. Dari jumlah penayangan iklan belum tentu juga menjadi jumlah klik iklan. Berabe ya, namun disinilah seni mencari pendapatan dari youtube. Lalu, apa yang bisa dilakukan seorang youtuber guna meningkatkan pendapatan?. 
3. Transaksi. Laporan transaksi diterima jika dalam penayangan konten vidwo terjadi transaksi dari hasil klik link jual-beli. 
4. Jenis iklan. Laporan analytics ini memperinci jenis iklan yang ditayangkan youtube.
5. Video berpenghasilan teratas. Laporan ini membeberkan video teratas yang memberikan pendapatan tertinggi bagi sebuah channel.

Manfaat Analisa Laporan Analytics Tentang Pendapatan

Dengan analisa laporan lapiran analytics tentang pendapatan, ada beberapa manfaat yang diterima pemilik channel. Berikut manfaat analisa laporan pendapatan, yaitu:
1. Kita mengetahui perkiraan pendapatan yang akan diraih channel.
2. Mengetahui perbandingan antara jumlah penayangan channel, penayangan iklan dan klik iklan.
3. Mengetahui jumlah transaksi yang terjadi pada sebuah channel.
4. Mengetahui seberapa efektif viewer memberikan kontribusi nyata dalam klik iklan.
5. Perencanaan pembuatan konten akan lebih matang. 
6. Mampu meletakkan video di layar akhir sebuah video yang memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan.


Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email