Skip to main content

Kriteria Video Ramah Pengiklan

Seputar Pengiklan
Penyebab Channel Di Banned
Youtube memiliki tiga lingkaran utama yaitu pemirsa, pembuat konten dan pengiklan. Ketiga lingkaran tersebut yang telah mengantarkan kesuksesan terbesar youtube dalam meraup keuntungan. Sumber keuntungan tersebut berasal dari jumlah pemirsa dan pengiklan. Pengiklan bekerja berdasarkan seberapa tepat sasaran yang di tuju. Oleh karena itu, tidak semua video masuk pada kriteria ramah pengiklan.
Seorang youtubers sebagai pembuat konten yang dimonetisasi akan berharap mendapatkan kesuksesan meraup pendapatan setinggi mungkin. Tapi terkadang pada faktanya malah kebalikan; pendapatan rendah. Lalu, seorang youtubers pun akan timbul pertanyaan terkait hal tersebut. Berikut beberapa pertanyaan terkait pendapatan youtubers, yaitu :

1. Apakah video saya layak untuk dimonetisasi?
2. Darimana sumber pendapatan saya?
3. Apa yang bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan yang tinggi?
4. Mengapa pemirsa di channelnya tinggi namun penghasilannya tidak meningkat.
5. Apakah sistem pengiklanan youtube tidak bekerja dengan baik?. 
6. Apa kriteria konten ramah pengiklan?

Video Layak Monetisasi

Pada prinsipnya, semua video itu layak untuk diikut sertakan dalam monetisasi. Namun, untuk benar-benar mencapai target dari pengiklan, adanya proses uji kelayakan konten. Hal tersebut dapat dimengerti karena semua pihak harus saling diuntungkan. Youtube ingin menjaga reputasi dan loyalitas sebagai media berbagi video, pembuat konten ingin tetap bekerja dalam dunia kreativitas dan pengiklan ingin mencapai target yang diinginkan. Untuk layak atau tidak layak memonetisasi konten, setiap konten harus patuh pada pedoman komunitas.

2. Sumber Pendapatan Youtubers

Setidak-tidaknya ada tiga sumber pendapatan youtubers yaitu video yang dimonetisasi, sumbangan dana pemirsa dan kerjasama dengan pihak yang ingin dibuatkan konten. Ketiga sumber dana tersebut bisa diraih bila benar-benar reputasi pembuat konten tinggi.

3. Cara Mendapatkan Penghasilan Yang Tinggi

Pembuat konten harus menjaga mutu konten dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pemirsa. Pemirsa terbagi kedalam dua golongan yaitu pemirsa yang berlangganan dengan mensubscribe channel maupun pemirsa yang sekedar menonton. Kedua golongan pemirsa tersebut penting untuk di ajak terlibat dalam pengembangan channel.

4. Pemirsa Tinggi Penghasilan Rendah

Jangan kaget jika youtubers mengalami kejadian seperti jumlah pemirsa yang tinggi namun penghasilan tetap rendah. Hal tersebut murni dikarenakan konten yang ramah pengiklan dan target yang ingin diraih pengiklan. 

5. Pengiklan Youtube

Pengiklan youtube bekerja sesuai dengan target. Target tersebut bisa dalam bentuk data usia, jenis kelamin, demografi dll. Jika sebuah konten ramah pengiklan dan sesuai dengan target pengiklan, saya meyakini akan meningkatkan penghasilan sebagai youtubers.

6. Konten Ramah Pengiklan

Konten video yang bisa memuat semua jenis iklan youtube bisa dikatakan ramah pengiklan. Berikut adalah kriteria konten ramah pengiklan, yaitu :
1. Tidak mengandung unsur sara
2. Tidak menyebarkan kebencian
3. Metadata yang tidak mengandung kata-kata yang tidak pantas
4. Isi konten mengikuti pedoman komunitas
5. Format video kualitas tinggi

Lagi Trends

Aspudin 123: Panduan Blogger Tentang SEO, Traffic, Audiens Dan Adsense

Seorang Blogger mulai dari pemula maupun expert tidak akan lepas dari pembahasan tentang SEO, Traffic, Audiens dan Adsense. Pembicaraan tentang SEO seperti tidak akan pernah habis untuk selalu di ulas, mengapa?. Saya berkesimpulan karena SEO  akan mengantarkan sebuah traffic audiens kepada blog yang berujung pada tingkat konversi seperti penjualan atau penghasilan adsense.
Sebagai perkenalan, saya adalah aspudin, seorang blogger yang memiliki perhatian khusus pada Analytics, Adwords dan internet marketing. Ketiga perhatian khusus tersebut memiliki keterkaitan dengan pengoptimalan teknik SEO, peningkatan traffic audiens dan penghasilan blogger yang bersumber dari Google Adsense. Meskipun saya bukanlah seorang experts di bidang blog apalagi sebagai konsultan akan tetapi saya akan berusaha menyajikan pengetahuan sebaik mungkin tentang blogging yang di dapat secara otodidak. Ada perbedaan yang nyata antara skills yang di miliki karena otodidak dengan yang belajar pada ahlinya. Otodidak l…

7 Alasan Mengapa Blog Kita Tidak Berhasil Mendatangkan Traffic Dari Mesin Pencarian Google

Mungkin kita merasa berhasil mendatangkan traffic pengunjung meskipun hanya berasal dari medsos. Tidak ada yang salah, hanya saja pernahkah kita memikirkan perilaku pengunjung itu sendiri?. Menurut analisa saya ada perbedaan nyata pada pada perilaku pengunjung yang berasal dari medsos dengan yang datang dari mesin pencarian terutama Google. Pengunjung yang datang dari mesin pencarian adalah indikator awal bahwa blog kita memang menjawab kebutuhan audiens. Sedangkan pengunjung yang datang dari medsos seperti hasil dari bujuk rayu blogger. So, apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu untuk mendatangkan traffic?. Untuk menjawab pertanyaan di atas kita harus jujur pada diri kita sendiri bahwa kita senang bila pengunjung betah membaca sekian banyak artikel dari blog kita?. Jika iya kita senang dengan pengunjung yang betah di blog maka jawaban atas pertanyaan di atas adalah optimasi blog di mata mesin pencarian terlebih dahulu, mengapa?. Blog yang bagus di mata mesin pencarian mencermin…

Atasi Kegagalan Meningkatkan Traffic Blog

Pemilik blog atau seorang blogger, traffic blog merupakan elemen penting yang harus berhasil di menangkan dalam kancah dunia maya. Evaluasi atas strategi yang sudah diterapkan pada blog harus di lakukan agar selalu mampu meningkatkan traffic blog. Perlu di ingat bahwa kompetitor blog selalu hadir dengan cara dan strategi baru untuk meningkatkan traffic blog. Apa yang bisa kita lakukan dengan traffic blog yang tinggi?. Jawabannya ada pada diri blogger masing-masing. Hanya saja, suka atau tidak suka pada awal pembuatan blog itu pasti menginginkan adanya pembaca/pengunjung untuk mengapresiasi konten blog. Jika dikemudian hari, para blogger menginginkan pendapatan atau penjualan produk itu hal lain. Perubahan orientasi blogger pun tidak berbeda jauh dengan strategi mendatangkan pengunjung blog. Mungkin di masa-masa belum berkembangnya medsos, cara umum mendatangkan pengunjung adalah dengan optimasi SEO yang mengarah pada memenangkan persaingan keywords di mesin penelusuran google. Sebetu…

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Namun, fakta berbicara lain, setiap orang-orang sukses akan mengalami fase kegagalan. Bagaimana kegagalan dalam perspektif seorang blogger : kegagalan dalam meningkatkan pengunjung.  Dalam konten berikut ini akan mengurai pendapat saya tentang kegagalan dam mencari cara meningkatkan penghasilan dengan menaikkan pengunjung situs/blog dan memandang pendapatan seorang blogger.
Situs/blog dan pengunjung memiliki hubungan simbiosis mutualis yaitu hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Pengunjung situs/blog akan mencari dan setia pada situs yang menjawab kebutuhannnya. Seorang blogger akan selalu mengembangkan konten untuk memastikan pengunjung tetap setia mengikutinya. Sedangkan pendapatan yang diraih seorang bloggeer merupakan buah kerja cerdas dalam membangun kepercayaan pengunjung. Rethinking Earning
Yupz, pada awalnya, saya sering terjebak pada mencari cara untuk meningkatkan pendapatan situs. …

Penyakit Kulit Ini Pernah Menyandera Peraih Piala Grammy

Sehat itu mahal!! jika sudah sakit baru akan terasa apa itu sehat. Sakit itu bisa datang kapan saja namun untuk mencegah terkena sakit, kita harus menjalani pola hidup sehat dan disiplin dalam menjaga pola makan. Maklum saja, banyak penyakit disebabkan oleh faktor pola makan maupun pola hidup yang salah. Seperti pada contoh kasus ini, cara mengatasi penyakit kulit psoriasis dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sederhana yakni menjaga kebugaran tubuh dan istirahat yang cukup. Namun penerapannya yang sulit. Maklum saja, untuk bugar di perlukan olahraga yang rutin meskipun tidak berat. Sedangkan istirahat yang cukup itu terkait gaya hidup malam maupun kesibukan kerja yang membuat susah istirahat.  Now, kita kembali ke contoh kasus penyakit kulit yang di akibatkan tidak memperhatikan pola hidup yaitu psoriasi. Penyakit kulit psoriasis ini mungkin masih awam bagi sebagian besar dari kita. Yang paling menyulitkan dari penyakit psoriasis ini adalah deteksi sejak dini. Penyakit pori…