Skip to main content

Konten Artikel Populer Dan Viral Di Medsos

Era medsos, kira-kira begitulah istilah yang saya pakai untuk menggambarkan betapa banyak orang yang menggunakan dan ketergantungan pada medsos. Bila di perhatikan dengan seksama, isi medsos banyak yang sekedar mengungkapkan perasaan atau sekedar membagikan link dari situs yang ia baca. Hal tersebut mendorong penulis artikel online mengubah cara penulisan konten artikel dari teknik  SEO menjadi penulisan artikel yang populer dan viral di medsos.

Sebelum era medsos di mulai, penulisan artikel berorientasi pada teknik SEO semata. Pada teknik SEO artikel lebih menitik beratkan pada meta keyword dimana keyword menjadi faktor penting sebuah artikel mudah di temukan oleh pembaca di mesin pencarian. Tapi itu cerita dulu, kini keyword bukanlah faktor penting dalam SEO, faktanya google sendiri tidak memakai keywords.
"baca juga tentang 3 cara mendapatkan persetujuan Google Adsense"
Bagaimana dengan kondisi era medsos seperti sekarang?. Era medsos menjadikan komunikasi lebih mudah dan memperpendek jarak antar geografis. Banyak media sosial yang menyajikan layanan pertemanan sampai layanan komunikasi lewat bertatap muka secara langsung(video call).
Banyaknya ragam layanan medsos, di sadari atau tidak sudah menjadikan medsos sebagai komunikasi utama di berbagai belahan dunia. Komunikasi yang bersifat personal sampai komunikasi politik pun di lakukan melalui media sosial. Itulah fakta yang terjadi di era medsos.
Fakta terkait medsos membawa perubahan pada mindset pemilik situs atau blogger yang menyajikan konten tulisan artikel.  Jika beberapa tahun sebelumnya, mindset itu berkutat di sekitar pada cara penulisan artikel agar berada di halaman pertama mesin pencarian google. Pada era tersebut, para blogger senantiasa melakukan optimalisasi teknik seo dengan melakukan optimalisasi keywords, pencarian backling dan sebagainya.
Pencarian backling di lakukan dengan blogging ke blog atau situs lain dengan cara berkomentar untuk menanamkan backling. Tidak sedikit, blogger sampai membeli backling dari penyedia jasa jual backling. Backling situs berpengaruh pada tingkat kepercayaan mesin pencarian. Dengan makin banyak backling dari situs dengan peringkat tinggi akan menjadikan sebuah situs mudah di temukan di mesin pencarian. Itu semua di lakukan guna meningkatkan traffic pengunjung situs.
Kini di era medsos berubah total, keywords tidak di anggap penting lagi bahkan tidak memakai keywords saja sebuah artikel bisa menarik traffic pengunjung yang tinggi. Suka atau tidak, traffic tinggi adalah tujuan utama para blogger.
Untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi, para blogger harus banyak melakukan promosi di media sosial. Promosi para blogger bisa di lakukan dengan berbagai cara mulai dari pembuatan fanspage(facebook) sampai memanfaatkan iklan di medsos.
Promosi seperti tersebut tentu akan boros waktu dan uang, beda halnya jika penulisan artikel di buat semenarik mungkin agar bisa menjadi populer dan viral di medsos. Cara penulisan seperti itulah yang harus di titik beratkan oleh para blogger.
Sebuah artikel bisa populer dan viral di medsos bukan hal yang mudah, perlu sebuah analisa terhadap perilaku para pengguna medsos. Analisa sederhana tentang perilaku pengguna medsos adalah filosofi medsos itu sendiri. Secara filosofis, medsos atau media sosial hadir sebagai sarana komunikasi antar manusia dari berbagai belahan penjuru dunia. Terbukti keberadaan medsos di jadikan pula sebagai komunikasi antar personal sampai politik.
Dengan memperhatikan filosofi medsos, maka seorang blogger harus mampu memahami karakter pengguna medsos. Pada umumnya ada empat karakter utama pengguna medsos yaitu kebanggaan, eksistensi, emosi dan hiburan semata. Empat karakter tersebut yang menjadi pemicu ketergantungan pada media sosial.
Dengan memperhatikan empat karakter tersebut di atas, maka cara penulisan konten artikel pun harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna medsos. Oleh karena karakter tersebut merupakan kebutuhan pokok tiap manusia. Setiap manusia memiliki rasa kebanggaan, emosi, butuh hiburan dan pengakuan eksistensi status sosial di kehidupan nyata.
Kembali pada cara penulisan artikel agar populer dan viral di medsos, cobalah cari tema yang sesuai dengan empat karakter pengguna medsos. Sebagai contoh jika kita ingin menulis tentang tentara maka cobalah mencari topik yang bisa membangun rasa kebanggaan dan membangkitkan emosi pembaca. Emosi pembaca itu bisa bersifat kemarahan ataupun kesamaan dengan kondisi yang di alami. Kalau sudah di temukan topik artikel tentu penulisan itu harus bisa bersifat memicu rasa penasaran pembaca dan kepuasan dalam membaca. Jika kedua unsur tersebut sudah di penuhi dalam sebuah artikel maka bersiap-siaplah artikel anda menjadi populer dan viral.

Comments

Yang Populer

5 Tahun Ke Depan, Inilah Perkiraan Bandan Energi Internasional Terhadap Minyak Dan Gas

Pertumbuhan ekonomi global, di satu sisi mendorong pertumbuhan industri otomotif namun di sisi lain harus ada efisiensi bahan bakar dan pengurangan konsumsi minyak di negara-negara maju. Pertembuhan ekonomi global tersebut mendorong pada pergeseran permintaan minyak dan gas. Di kutip dari media internasional Reuters, Badan Energi Internasional / IEA(International Energy Agency) mengatakan "Permintaan minyak dan gas global yang kuat akan berubah dalam lima tahun ke depan terhadap petrokimia daan jauh dari bahan bakar motor bensin dan solar." Ada beberapa poin yang dapat saya ambil dari pandangan Badan Energi Internasional terhadap permintaan minyak dan gas, yaitu : Permintaan produk mulai dari pupuk hingga produk plastik dan kecantikan akan mendorong seperempat dari perkiraan perminntaan minyak ke tahun 2023.Pergeseran ini adalah tantangan baru bagi industri minyak. Di satu sisi permintaan petrokimia meningkat sedangkan di satu sisi konsumsi bensin dan solar di naikkan kembal…

Fakta Unik Tahu Tempe

Tahu tempe merupakan bahan makanan yang sering dan mudah dijumpai diberbagai daerah. Tahu tempe sebagai bahan olahan makanan sederhana tapi kaya akan kandungan gizi terutama asupan gizi protein. Banyak masyarakat yang tidak menyadari nilai nilai gizi yang terkandung didalam tahu tempe. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui fakta unik tahu tempe.  Masyarakat pada umumnya memandang protein hewani yang berasal dari daging sapi, ayam atau daging hewani adalah gaya hidup sehat yang mencukupi kebutuhan protein hewani bagi tubuh. Gaya hidup sehat yang mementingkan ketercukupan kebutuhan protein hewani bukanlah termasuk pola hidup sehat yang sebenarnya. Pola hidup sehat lebih mementingkan pada pemenuhan kebutuhan gizi seimbang. Ketika harga daging naik terjadi kebingungan pada masyarakat umumnya akan asupan gizi protein hewani yang memiliki kandungan dan manfaat gizi protein hewani. Akan tetapi pemenuhan gizi protein bisa disiasati dengan alternatif pengganti protein hewani yang berasal dari…

Strategi Penulisan Konten Untuk Traffic Blog

"Konten Adalah Raja. Pembuatan konten harus seperti memperlakukan sang Raja, niscaya traffic dan pendapatan pun akan meningkat." Sebagai seorang blogger, konten adalah Raja tanpa ada konten yang baik apalah artinya sebuah blog. Mari kita berfikir kembali tentang strategi penulisan konten yang mampu meningkatkan traffic blog dan pendapatan.
Mengapa Seseorang Mau Mengunjungi Blog? Blog adalah representasi kepribadian pemilik blog. Berawal dari situlah seorang blogger harus memperhatikan kualitas konten, etika, manfaat dan nilai lebih yang diberikan kepada para pengunjung blog. Yang menjadi pertanyaan "mengapa seorang mau mengunjungi blog?". Pertanyaan tersebut diatas, tidak perlu dijawab langsung oleh pengunjung cukup pemilik blog evaluasi dengan menggunakan analytics. Mari kita mulai mereka-reka alasan pengunjung meninggalkan blog : mungkin saja pengunjung tertarik kepada judul postingan yang bombastis lalu setelah mengetahui isi konten, ia pun pergi. Itulah yang dis…

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

Kandungan Gizi Gado Gado

Kandungan Gizi Makanan Kandungan gizi makanan di perlukan untuk mengetahui manfaat gizi yang kita konsumsi. Makanan sehat adalah makanan