Gaya Hidup Sehat Dengan Konsumsi Teh

Tanaman Teh

alt c
Perkebunan Teh
Nama latin dari teh adalah Camelia Sinensis ( keluarga dari Camelia). Tanaman teh
tumbuh didaerah tropis dengan ketinggian antara 200 sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Tanaman teh cocok pada suhu 14 sampai 25 derajat celcius. Teh Memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Minum teh adalah minuman populer dari zaman dahulu. Kandungan gizi teh baik bagi proses pencernaan dalam sistem metabolisme tubuh.

Jenis Tanaman Teh

Tanaman teh memiliki berbagai ragam jenis. Berikut adalah jenis teh yang populer di seluruh dunia, yaitu :
  1. Teh Putih. Teh Putih hanya diambil dari daun teh dan tunas, sedangkan tunas teh diambil sebelum di mekar. Katekin teh putih mampu menangkal radikal bebas.
  2. Teh hijau. Teh hijau tidak mengalami proses fermentasi akantetapi mengalami proses pengeringan dan penguapan yang lebih lama dari teh putih.
  3. Teh melati. Teh melati adalah teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambier.

Manfaat Konsumsi Teh

Minum teh adalah kebiasaan minum yang sudah populer dari ratusan tahun yang lalu. Minum teh di kenal memiliki berbagai manfaat. 
Berikut adalah manfaat minum teh :
  1. Minum teh dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskuler, seperti stroke. Hal ini dikarenakan teh mengandung senyawa yang berasal dari kelas pholipenol yaitu catechin dan epicathecin.
  2. Minum teh dapat mengurangi resiko dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit dan rentan terkena pelbagai penyakit. Hal ini dikarenakan teh mengandung senyawa antiokidan.
  3. Minum teh baik untuk diets karena teh tidak mengandung kalori.
  4. Minum teh dapat mencegah dari demensia yaitu penurunan fungsi otak dalam berfikir dan mengingat.

Larangan Konsumsi Teh

Konsumsi teh atau minum teh adalah baik untuk kesehatan, tapi ada juga larangan minum teh. Berikut adalah larangan minum teh :
  1. Jangan Minum teh saat perut kosong. Hal tersebut dapat menyebabkan kinerja limpa jadi terganggu.
  2. Hindari minum teh yang dicampur dengan es batu.
  3. Jangan mengkonsumso teh dalam kadar kafein yang tinggi. Kadar kafein dan tanin yang tinggi dalam teh menyebabkan insomnia.
  4. Jangan merebus daun teh terlalu mendidih dalam wangku yang lama. hal ini dikarenakan akan menghilangkan kandungan gizi teh itu sendiri.
  5. Hindari minum teh sebelum makan. hal teersebut dapat menyebabkan pelunakan air liur sehingga rasa makanan akan menjadi hambar.
  6. Jangan minum teh percis setelah makan, tunggu sampai setengah jam kemudian. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah gangguan pada proses pencernaan.

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus