Ketidak Tegasan Wasit Asal Malaysia Saat Memimpin Pertandingan Timnas U-22 Vs Timor Leste

sumber foto asiana.my
Pertandingan ketiga Timnas U-22 Indonesia Vs Timor Leste sudah selesai dengan hasil pertandingan di menangkan Timnas dengan skors 1-0. Jalannya pertandingan terasa monoton sampai akhirnya terjadi insiden di menit-menit akhir petandingan. Semestinya insiden tersebut tidak harus terjadi jika saja wasit asal Malaysia, Nagor Amir Bin Noor Mohamed, bertindak tegas dalam menjalankan tugas sebagai pengadil di dalam lapangan hijau.

Ketidak tegasan wasit asal Malaysia terlihat pada tidak adanya teguran pada pemain Timor Leste bernomor punggung 4, Filipe, yang beberapa kali melakukan tendangan "maut" ketika menghalau bola. Tendangan "maut" di lakukan pertama kali pada babak pertama ketika menghalau bola dengan kaki yang seperti melakukan tendangan kaki saat Taekwondo, tinggi lurus mengarah ke atas kepala pemain lawan. Untung saja tendangan tersebut tidak mengenai lawan. Wasit pun tidak melakukan teguran apapun juga. 

Selanjutnya Filipe mengulangi lagi tendangan "maut" sampai lebih dari tiga kali dan wasit pun membiarkannya sampai terjadi insiden saling dorong antar pemain. Filipe pun diganjar dengan kartu merah. Insiden tersebut, menurut saya adalah puncak dari ketidak tegasan wasit dalam memimpin jalannya pertandingan sehingga para pemain melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya di lakukan di lapangan hijau.
Dalam insiden dorongan antar pemain, Evan Dimas dan Marinus Wanewar mendapat kartu kuning. Kartu kuning yang di dapat Evan Dimas dalam pertandingan melawan Timor Leste menyebabkan Evan Dimas tidak bisa bermain saat Timnas U-22 Vs Vietnam di partai selanjutnya. 
Tentu saja dengan tidak bermainnya Evan Dimas saat menghadapi Vietnam akan memberikan dampak tidak bagus bagi permainan Timnas. Seperti yang kita ketahui, Evan Dimas adalah salah satu motor permainan Timnas U-22 Indonesia. Pelatih Luis Milla pun harus memutar otak untuk mencari formasi yang kokoh saat menghadapi Vietnam di partai berikutnya.
Meskipun dalam pertandingan antara Timnas U-22 Vs Timor Leste di raih hasil positif untuk timnas namun menurut saya adanya kekurangan dalam permainan Timnas. Bola tidak mengalir dengan baik dari kaki ke kaki. 

Hasil Pertandingan Timnas U-22 Vs Timor Leste

Timnas U-22 Indonesia meraih 3 poin saat menghadapi perlawanan Timor Leste. Hasil pertandingan sepakbola Timnas U-22 Vs Timor Leste berakhir dengan skors 1-0 untuk kemenangan timnas. Satu-satunya gol yang di cetak dalam pertandingan tersebut di hasilkan dari sundulan Marinus memanfaatkan umpan silang Septian David Maulana. Tanpa ampun Marinus menjebol lawan dengan tandukan mautnya. 
Skors pun berubah 1-0 di babak pertama. Sampai akhir pertandingan, skorsd 1-0 untuk Timnas Tidak berubah.
Susunan Pemain
Timor Leste : Fagio, Filipe Olivera, Coelho, Mendonca, Jorge Sabas, Gumario Agusto, Felimino Junior, Danilson, Armindo Correia, Kornelis Nahak, Henrique Wilson.
Indonesia : Kartika Ajie, Gavin Kwan, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa, Hanif Sjahbandi, Evan Dimas, Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Septian David, Marinus Wanewar.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus