Kandungan Gizi Gado Gado

kandungan gizi gado gado

Kandungan Gizi Makanan

Kandungan gizi makanan di perlukan untuk mengetahui manfaat gizi yang kita konsumsi. Makanan sehat adalah makanan
yang kita konsumsi memiliki nilai gizi yang baik dan memiliki sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. memilih makanan sehat adalah salah satu langkah untuk menjaga asupan gizi yang baik bagi tubuh. Asupan gizi memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh. Tubuh akan selalu sehat dan terjamin kebutuhan gizinya bila kita selalu menkonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat adalah Gado Gado.

Kandungan Gizi Gado Gado

Kandungan gizi gado gado terdapat pada komposisi sayuran gado gado dan olahan kacang itu sendiri. Gado gado adalah makanan tradisional yang di olah dan di sajikan secara tradisional. Komposisi sayuran gado gado itu sendiri berbagai macam dan tergantung dari pembuat makanan itu sendiri. Berikut adalah komposisi sayuran yang umum di pakai, yaitu :
  1. Timun
  2. Paria
  3. Labu
  4. Kentang
  5. Kangkung
  6. Toge
  7. Kol
  8. Jagung
Sedangkan bahan pelengkap dari gado gado adalah sebagai berikut :
  1. Tahu
  2. Lontong
  3. Bumbu Kacang
Dengan memperhatikan komposisi sayuran gado gado, maka sepintas akan terlihat bahwa kandungan gizi gado gado menitik beratkan pada zat gizi serat. Kandungan gizi serat memiliki peran dalam sistem metabolisme pencernaan. Kandungan gizi serat berfungsi dalam memperlancar pencernaan dalam lambung itu sendiri. 
Secara umum kandungan gizi gado gado adalah sebagai berikut :
  1. Kandungan serat kasar yang tinggi. Hal tersebut akan membantu dalam sistem metabolisme tubuh sehingga akan mencegah terkena penyakit pencernaan, contohnya sembelit.
  2. Sumber energi yang tinggi. Olahan kacang merupan sumber energi yang tinggi.
  3. Sumber protein yang cukup. Sumber protein asam amino non essensial, protein yang tidak di butuhkan tubuh tapi kehadirannya di perlukan untuk menjaga keseimbangan protein adalah lysin, sumber lysin pada gado gado terdapat pada jagung.
  4. Sumber vitamins. Seperti kita ketahui sayur mayur merupakan sumber utama vitamins.
Kandungan gizi gado gado di atas merupan gambaran umum dari zat gizi dan manfaat gizi gado gado.